Rabu, 21 Agustus 2013

Cara Kerja Mesin Pencarian


Proses Kerja Mesin Pencarian melalui 3 tahap :
 1. Web Crawling
 Web Crawling sering disebut dengan web spider.Crawling adalah proses yang dilakukan oleh web spider dengan merayapi segala informasi yang terletak pada website.

Ketika blog atau website baru dipublish, proses crawling pun akan dilakukan oleh web spider, seluruh informasi akan dikumpulkan, informasi yang dikumpulkan berupa kata-kata yang terdapat diblog dan link yang ada dihalaman blog tersebut,  dengan ALT Teks, agar gambar pada blog anda bisa dicrawling oleh web spider.


ntuk melakukan penjelajahan dan pengambilan halaman-halaman web yang ada di internet. Hasil pengumpulan situs web selanjutnya akan diindeks oleh mesin pencari sehingga mempermudah pencarian informasi di internet. - See more at: http://pcbolong.blogspot.com/2011/04/web-crawler.html#sthash.BjV2KPeo.dpuf

2.) Indexing 
 Setalah proses Crawling, selanjutnya adalah proses Indexing.
Proses Indexing akan menyimpan data berupa kata-kata / keyword dan URL dari hasil crawling tersebut.
Indexing yang akan mengarchive semua data yang sudah dicrawling. Agar kita melakukan query,  hasil yang ditampilkan akan lebih cepat munculkan pada mesin pencarian.

3.) Searching 
Ketika anda memasukan kata kunci pada browser maka mesin pencarian akan memanggil data informasi website yang sudah diindex, dan proses Searching akan menampilkan hasilnya sesuai dengan kata kunci . Kemudian Search Engine akan menampilkan data yang paling relevan dengan informasi yang dicari.
Search Engine pada dasarnya mempunyai algoritma sendiri dalam menghitung relevansi dari isi dari sebuah blog. makanya hasil pencarian dari Google, yahoo akan berbeda karena mereka mempunyai algoritma yang berbeda dalam menghintung relevansi pada proses indexing.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar